Sabtu, 09 Januari 2016

proposal bisnis



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya penulis dapat menyelesaikan Proposal Bisnis ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal rencana bisnis ini adalah untuk memenuhi syarat perlombaan dan pembelajaran dalam memijakkan titik awal dalam memulai berwirausaha.
Dalam proses penyusunan proposal rencana bisnis ini penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak-pihak yang terkait dan telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Metro, 23 November 2015


Penulis
BAB I
PENDAHULUAN


A.  LATAR BELAKANG USAHA
Keripik Ubi Jalar adalah makanan ringan yang banyak digandrungi oleh semua kalangan masyarakat. Selain rasanya yang enak, juga harganya yang relatif terjangkau. Oleh karena itu, semua kalangan dapat menikmati keripik ubi jalar ini tanpa merogoh kocek yang dalam. Mengapa kita memilih ubi jalar? Karena selain Ubi jalar bahan bakunya sangat mudah diperoleh, ubi jalar juga bebas lemak.  Selain itu, kelebihan dari ubi jalar, ia mengandung 769% dari kebutuhan harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam satu porsi (sekitar satu cangkir). Ubi jalar sangat dikenal mengandung jumlah tinggi beta karoten, yang merupakan antioksidan alami yang membantu meningkatkan ketahanan tubuh dari radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C, Vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga juga ampuh untuk melawan infeksi. Bahkan makanan ini juga dimasukkan sebagai salah satu makanan terbaik yang dianjurkan bagi ibu hamil. Itu mengapa kami memilih ubi jalar sebagai salah satu bahan baku usaha yang kami jalani.
Dan mengapa kita menggunakan nama Keripik A.W.U ?
Karena A.W.U adalah singkatan dari nama pendiri usaha ini, yaitu Ayu, Winda dan Umaroh.
B.  VISI DAN MISI USAHA
a.      Visi :
Menjadikan keripik “A.W.U” sebagai salah satu makanan favorit dikalangan masyarakat dan ingin membuat produk keripik “A.W.U” lebih terkenal tidak hanya di daerah Metro saja.
b.      Misi :
1.      Kami selalu mengutamakan kualitas dalam setiap pelayanan dan penyajian produk kami demi kepuasan para konsumen.
2.      Kami selalu mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam hal pelayanan maupun dalam hal pembuatan produk-produk kami.
3.      Kami ingin mengembangkan lagi usaha kami di beberapa tempat-tempat strategis lainnya untuk memperluas jaringan pemasaran kami.
   

C.  IDENTIFIKASI USAHA
Nama Usaha                : Keripik “A.W.U”
Pendiri Usaha              :Ayu, Winda, Umaroh
Alamat Usaha             : 38B Banjar Rejo, Lampung Timur
Contact Person            : 0857 8958 3574


D.  DESKRIPTIF USAHA
Bisnis kami bergerak dalam bidang home industri (industri rumahan). Dimana modal berasal dari anggota (individu) dan kepengurusanpun diamanahkan pada anggota, usaha kami bergerak dalam bidang kuliner yaitu keripik. Kami bekerja sama dalam sebuah perusahan dan hasil pemikiran kami yaitu dikenal dengan “Keripik A.W.U” . Dengan kreativitas dan kesungguhan kami, kami yakin usaha kami ini akan menjadi besar, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi pengangguran.
Tujuan Usaha:
1.      Untuk menerapkan ilmu kewirausahaan
2.      Agar usaha yang akami dirikan lebih tekenal ditak hayan dikota Metro saja
3.      Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan
4.      Untuk memperoleh keuntungan



BAB II
ANALISA USAHA

A.  RENCANA PRODUK
Produk yang kami hasilkan adalah makanan ringan yang terbuat dari ubi jalar yang kami inovasikan dengan berbagai varian rasa, seperti varian rasa terbaru yaitu rasa sambal balado dan rasa gurih.
Awal pendirian usaha ini kami dirikan karena melihat banyaknya peminat dari makanan ringan keripik yang cukup tinggi. Kami melihat bahwa kebanyakan keripik yang yang beredar dipasaran hanyalah keripik yang berbahan dasar dari pisang dan singkong padahal banyak sekali peminat dari keripik ubi jalar ini.

B.  PRODUK YANG DIHASILKAN
Keunggulan produk kami yaitu keripik “A.W.U” adalah:
1.      Keripik “A.W.U” merupakan makan ringan yang lezat dan bergizi cocok untuk cemilan harian keluarga.
2.      Harga keripik “A.W.U” relatif terjangkau untuk semua kalangan.
3.      Keripik “A.W.U” disajikan dengan dua varian rasa baru yaitu sambal balado dan gurih.

C.  DESKRIPSI PRODUK
Produk yang kami tawarkan itu berbeda dengan biasanya yang hanya menawarkan rasa original dan pedas. Tetapi kami menawarkan varian rasa baru, yaitu balado. mengapa kami memilih rasa balado, karena mayoritas dari masyarakat menyukai varian rasa ini. Kami juga memberikan identitas pada produk kami, yaitu dengan cara memberi Logo pada kemasan produk.



D.  MAKNA LOGO KERIPIK “A.W.U”


1.      PITA MELINGKAR BERWARNA MERAH
Pita melingar berwarna merah menunjukan arti persahabatan dari para pendiri usaha ini yang menjadi landasan pendirian usaha yang kami jalankan, warna merah pada pita berarti berani, maksudnya adalah dalam pendirian usaha ini kami berani mengambil resiko apapun yang kelak akan muncul dalam usaha kami.
2.      PAYUNG
a.       Jumlah tulang payung,
Jumlah pada tulang payung ini melambangkan bulan pendirian usaha kami.
b.      Manik-manik pada payung,
Manik-manik pada payung melambangkan  tanggal berdirinya usaha kami.
3.      GAMBAR UBI JALAR
Gambar ubi jalar menunjukan produk yang kami jual berbahan baku dari ubi.
4.      GAMBAR TIGA TANGAN
Gambar tiga tangan menunjukan bahwa usaha ini didirikan oleh tiga orang.

BAB III
RENCANA PRODUKSI

Rencana produksi kami akan berjalan dengan jangka waktu 1minggu untuk menghasilkan 150 bungkus keripik ubi jalar.
A.  Bahan-bahan
1.      Ubi jalar
2.      Perasa balado
3.      Perasa gurih
4.      Minyak goreng

B.     Alat-alat
1.      Pisau
2.      Plastik
3.      Kompor
4.      Penggorengan
5.      Sepatula
6.      serok

C.     Cara pembuatan
1.      Cuci ubi jalar supaya tanah yang menempel pada ubi jalar bersih
2.      Kupas ubi jalar sampai bersih, lalu rendam supada getah pada ubi jalar hilang
3.      Iris tipis-tipis ubi jalar dan langsung rendam dalam air supaya warna tidak berubah.
4.      Panaskan minyak dengan api yang tidak terlalu besar
5.      Setelah minyak panas, masukan irisan ubi jalar lalu goreng hingga matang.
6.      Setelah matang, tiriskan ubi jalar yang telah digoreng dan biarkan hingga dingin.
7.      Siapkan bumbu yang telah disiapkan (balado dan gurih).
8.      Campurkan bumbu dan keripik ubi jalar yang suda digoreng tadi dengan bumbu perasa hingga merata.
9.      Masukan keripik yang sudah tercampur merata denga bumbu kedalam plastik kemasan.
10.  Kemas keripik dan keripik pun siap untuk dipasarkan.


























BAB IV
RENCANA PEMASARAN

A.  ANALISIS PASAR
Dalam setiap kegiatan untuk memulai suatu usaha kita harus mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan ataupun para pesaing yaitu dengan melakukan analisis SWOT.
1.      Analisis SWOT
a.       Faktor Internal
a)      Strength (kekuatan)
1)      Keunggulan produk
Walaupun usaha kami Cuma keripik, tetapi kami menawarkan produk yang berkualitas, yaitu dari bahan baku dan juga harga yang relatif terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.

2)      Kreativitas
Kami menyediakan varian rasa dalam produk kami. Yang sering dipasarkan hanyalah original dan pedas, tetapi kami disini mengeluarkan varian rasa baru, yaitu rasa balado dan juga gurih.

3)      Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan keripik mantang ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.

b)      Weakness (Kelemahan)
1)      Kurangnya Modal
Modal yang dibilang sangat terbataslah yang membuat kami kesulitan dalam menciptakan varian rasa lainnya.
2)      Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang sulit diatasi.


3)      Kurangnya Tenaga Kerja
Dalam mengolah keripik dibutuhkan lumayan banyak tenaga kerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Keterbatasan tenaga kerja membuat kami tidak terlalu maksimal dalam mengolah usaha, terutama dalam bagian produksi.

b.      Faktor Eksternal
a) Opportunities (Peluang)
1)      Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari makanan ringan ini, baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas, karena harga yang terjangkau dan rasa yang tidak kalah enak dengan jajanan yang berharga mahal.
2)      Sistem pemasaran
Pemasaran yang kami lakukan dengan cara yang mudah. Kami membuka stand dilokasi kampus yang sering dilewati mahasiswa.

b)   Threats (Ancaman)
salah satu bentuk ancaman yang pasti akan kami hadapi adalah bersaing dengan produk-produk lain yang menggunakan bahan baku lebih menarik.
Bahan baku yang hanya dari Ubu Jalar, apalagi kami hanya memproduksinya menjadi keripik. Ancaman yang paling besar adalah konsumen yang acuh terhadap kami, karena produk yang kami tawarkan jadul dan kurang menarik. Kebanyakan dari konsumen mereka lebih memilih produk makanan siap saji dengan kemasan lebih menarik.

2.     Sasaran dan Target Pasar
            Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Untuk itu, kami melakukan promosi di berbagai media social, seperti facebook, Black Berry Massanger (BBM), instagram dll. Hal ini bertujuan itu juga bertujuan untuk mempromosikan produk sampai keplosok negeri.

3.    Analisis 4P
1.      Product (produk)
Merk produk                :keripik “A.W.U”
Kualitas produk            :aman dikonsumsi tanpa bahan pengawet
Packing                         :kemasan menggunakan plastik yang mudah terurai
2.      Price (harga)
Untuk harga awal, keripik ubi jalar merk “A.W.U” dijual langsung pada konsumen mulai dengan harga @Rp.1000,-
3.      Promotion (promosi)
a.       Personal selling: pemasaran ini kami lakukan dengan face to face, dimama disini kami akan menawarkan langsung pada calon pembeli.
b.      Media sosial: disini kami juga memasarkan produk kami melalui jaringan internet seperti facebook, black berry mesagger (BBM) ,instagram dll.
4.      Place (tempat)
Tempat kami berjualan adalah diwilayah kampus STAIN Metro.

B.  TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
Target dan segmentasi pasar sangatlah penting untuk melancara pemasaran produk dalam sebuah segmentasi pasar haruslah memuat hal-hal penting diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Geografi
a.       Wilayah yang kami jadikan target adalah wilayah kota Metro karena bahan-bahan untuk memproduksi produk kami sangat mudah didapat dikota ini.
b.      Di kota Metro ini kami banyak melihat peluang yang cukup besar terutama di daerah simpang kampus yang mayoritas adalah mahasiswa yang gemar sekali mengkonsumsi cemilan yang harganya terjangkau bagi para mahasiswa.
2.      Demografi
Secara demografi, pasar yang kami tuju adalah para kalangan mahasiswa, dosen, dan masyarakat disekitar simpang kampus, kami membuka stan untuk mempermudah  memperoleh informasi mengenai produk apa saja kah yang banyak diminati konsumen.
C.  STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran yang akan kami lakukan adalah:
1.      Perkenalan usaha
Produk yang kami awarkan adalah makanan ringan yang lezat, bergizi, dan dibandrol dengan harga yang terjangkau. Produk yang kami tawarkan ini adalah keripik ubi jalar merk “A.W.U” yang tersedia dengan varian rasa baru yaitu balado dan gurih, yang aman untuk dikonsumsi karna tanpa pengawet.
2.      Membangun kemitraan dengan pengusaha lain untuk mendukung bisnis
Memproduksi keripik yang terbuat dari bahan baku ubi jalar ini, kami berniat untuk menjalin kerja sama dengan para petani ubi jalar langsung karena jika membeli ubi jlar dari petani langsung harganya relatif lebih murah karnah tanpa perantara.
3.      Meciptakan desain yang menarik
Produk yang kami tawarkan berupa keripik ubi yang di gabung dengan rasa balado dan rasa gurih sehingga rasa dari keripik kami ini mempunyai rasa tersendiri yaitu perpaduan antara manisnya ubi jalar asli dan pedas gurihnya dari perasa balad. Dan  perasa gurih dijamin akan membuat konsumen menjadi puas.
4.      Meningakatkan kualitas pelayanan
Kami menyediakan akun-akun khusus untuk para konsumen kami untuk sekedar berbagi kritik dan saran atas produk kami.

















BAB V
STRUKTUR ORGANISASI

A.    STRUKTUR KEPENGURUSAN
 








Ø  KLASIFIKASI ORGANISASI:
a.       Pemimpin :mengontrol semua kegiatan yang dilakukan dalam setiap produksi, dan pemimpin juga dituntut untuk mampu membaca laporan keuangan perusahaan dan dapat mengambil keputusan yang tepat.
b.      Bagian produksi :bagian produksi bertanggung jawab penuh terhadap jalannya proe produksi dan menginovasikan apa yang akan dipasarkan.
c.       Bagian marketing :bagian marketing bertugas untuk memasarkan produk dengan berbagai keahliannya dalam bidang promosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar