KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT
serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi
Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari
kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi
seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya penulis dapat menyelesaikan Proposal
Bisnis ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal rencana
bisnis ini adalah untuk memenuhi syarat perlombaan dan pembelajaran dalam
memijakkan titik awal dalam memulai berwirausaha.
Dalam proses penyusunan proposal rencana bisnis ini
penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak,
akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena
itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya
kepada semua pihak-pihak yang terkait dan telah membantu terselesaikannya tugas
ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia
dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman
dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh
karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami
harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini
bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Metro, 23
November 2015
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG USAHA
Keripik
Ubi Jalar adalah makanan ringan yang banyak digandrungi oleh
semua kalangan masyarakat. Selain rasanya yang enak, juga harganya yang relatif
terjangkau. Oleh karena itu, semua kalangan dapat menikmati keripik ubi jalar
ini tanpa merogoh kocek yang dalam. Mengapa kita memilih ubi jalar? Karena
selain Ubi jalar
bahan bakunya sangat mudah diperoleh, ubi jalar juga bebas lemak. Selain itu, kelebihan dari ubi jalar, ia
mengandung 769% dari kebutuhan harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam satu
porsi (sekitar satu cangkir). Ubi jalar sangat dikenal mengandung jumlah tinggi
beta karoten, yang merupakan antioksidan alami yang membantu meningkatkan
ketahanan tubuh dari radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar juga mengandung
Vitamin C, Vitamin B dan fosfor dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga juga
ampuh untuk melawan infeksi. Bahkan makanan ini juga dimasukkan sebagai salah
satu makanan terbaik yang dianjurkan bagi ibu hamil. Itu mengapa kami memilih
ubi jalar sebagai salah satu bahan baku usaha yang kami jalani.
Dan mengapa
kita menggunakan nama Keripik A.W.U ?
Karena A.W.U
adalah singkatan dari nama pendiri usaha ini, yaitu Ayu, Winda dan Umaroh.
B. VISI DAN MISI USAHA
a. Visi :
Menjadikan keripik “A.W.U” sebagai salah satu makanan favorit dikalangan
masyarakat dan ingin membuat produk keripik “A.W.U” lebih terkenal tidak hanya
di daerah Metro saja.
b. Misi :
1. Kami selalu
mengutamakan kualitas dalam setiap pelayanan dan penyajian produk kami demi
kepuasan para konsumen.
2. Kami selalu
mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam hal pelayanan maupun dalam hal
pembuatan produk-produk kami.
3. Kami ingin
mengembangkan lagi usaha kami di beberapa tempat-tempat strategis lainnya untuk
memperluas jaringan pemasaran kami.
C. IDENTIFIKASI USAHA
Nama Usaha : Keripik “A.W.U”
Pendiri Usaha :Ayu, Winda, Umaroh
Alamat Usaha : 38B Banjar Rejo, Lampung Timur
Contact Person : 0857 8958 3574
D. DESKRIPTIF USAHA
Bisnis kami bergerak dalam bidang
home industri (industri rumahan). Dimana modal berasal dari anggota (individu)
dan kepengurusanpun diamanahkan pada anggota, usaha kami bergerak dalam bidang
kuliner yaitu keripik. Kami bekerja sama dalam sebuah perusahan dan hasil
pemikiran kami yaitu dikenal dengan “Keripik A.W.U” . Dengan kreativitas dan
kesungguhan kami, kami yakin usaha kami ini akan menjadi besar, dan dapat
menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi
pengangguran.
Tujuan Usaha:
1.
Untuk menerapkan ilmu kewirausahaan
2.
Agar usaha yang akami dirikan lebih tekenal ditak
hayan dikota Metro saja
3.
Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan
4.
Untuk memperoleh keuntungan
BAB
II
ANALISA
USAHA
A. RENCANA PRODUK
Produk yang
kami hasilkan adalah makanan ringan yang terbuat dari ubi jalar yang kami
inovasikan dengan berbagai varian rasa, seperti varian rasa terbaru yaitu rasa
sambal balado dan rasa gurih.
Awal
pendirian usaha ini kami dirikan karena melihat banyaknya peminat dari makanan
ringan keripik yang cukup tinggi. Kami melihat bahwa kebanyakan keripik yang
yang beredar dipasaran hanyalah keripik yang berbahan dasar dari pisang dan
singkong padahal banyak sekali peminat dari keripik ubi jalar ini.
B. PRODUK YANG DIHASILKAN
Keunggulan
produk kami yaitu keripik “A.W.U” adalah:
1.
Keripik “A.W.U” merupakan makan ringan yang lezat dan
bergizi cocok untuk cemilan harian keluarga.
2.
Harga keripik “A.W.U” relatif terjangkau untuk semua
kalangan.
3.
Keripik “A.W.U” disajikan dengan dua varian rasa baru
yaitu sambal balado dan gurih.
C. DESKRIPSI
PRODUK
Produk
yang kami tawarkan itu berbeda dengan biasanya yang hanya menawarkan rasa
original dan pedas. Tetapi kami menawarkan varian rasa baru, yaitu balado.
mengapa kami memilih rasa balado, karena mayoritas dari masyarakat menyukai
varian rasa ini. Kami juga memberikan identitas pada produk kami, yaitu dengan
cara memberi Logo pada kemasan produk.
D. MAKNA
LOGO KERIPIK “A.W.U”

1.
PITA MELINGKAR BERWARNA MERAH
Pita melingar berwarna merah menunjukan arti
persahabatan dari para pendiri usaha ini yang menjadi landasan pendirian usaha
yang kami jalankan, warna merah pada pita berarti berani, maksudnya adalah
dalam pendirian usaha ini kami berani mengambil resiko apapun yang kelak akan
muncul dalam usaha kami.
2.
PAYUNG
a.
Jumlah tulang payung,
Jumlah pada tulang payung ini melambangkan bulan
pendirian usaha kami.
b.
Manik-manik pada payung,
Manik-manik pada payung melambangkan tanggal berdirinya usaha kami.
3.
GAMBAR UBI JALAR
Gambar ubi jalar menunjukan produk yang kami jual
berbahan baku dari ubi.
4.
GAMBAR TIGA TANGAN
Gambar tiga tangan menunjukan bahwa usaha ini
didirikan oleh tiga orang.
BAB III
RENCANA
PRODUKSI
Rencana produksi kami akan berjalan
dengan jangka waktu 1minggu untuk menghasilkan 150 bungkus keripik ubi jalar.
A. Bahan-bahan
1. Ubi jalar
2. Perasa
balado
3. Perasa gurih
4. Minyak
goreng
B.
Alat-alat
1. Pisau
2. Plastik
3. Kompor
4. Penggorengan
5. Sepatula
6. serok
C.
Cara pembuatan
1. Cuci ubi
jalar supaya tanah yang menempel pada ubi jalar bersih
2. Kupas ubi
jalar sampai bersih, lalu rendam supada getah pada ubi jalar hilang
3. Iris
tipis-tipis ubi jalar dan langsung rendam dalam air supaya warna tidak berubah.
4. Panaskan
minyak dengan api yang tidak terlalu besar
5. Setelah
minyak panas, masukan irisan ubi jalar lalu goreng hingga matang.
6. Setelah
matang, tiriskan ubi jalar yang telah digoreng dan biarkan hingga dingin.
7. Siapkan bumbu
yang telah disiapkan (balado dan gurih).
8. Campurkan
bumbu dan keripik ubi jalar yang suda digoreng tadi dengan bumbu perasa hingga
merata.
9. Masukan
keripik yang sudah tercampur merata denga bumbu kedalam plastik kemasan.
10. Kemas
keripik dan keripik pun siap untuk dipasarkan.
BAB IV
RENCANA
PEMASARAN
A. ANALISIS PASAR
Dalam setiap kegiatan untuk memulai
suatu usaha kita harus mengukur kemampuan usaha terhadap lingkungan ataupun
para pesaing yaitu dengan melakukan analisis SWOT.
1.
Analisis SWOT
a. Faktor
Internal
a)
Strength (kekuatan)
1) Keunggulan
produk
Walaupun usaha kami
Cuma keripik, tetapi kami menawarkan produk yang berkualitas, yaitu dari bahan
baku dan juga harga yang relatif terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
2) Kreativitas
Kami menyediakan varian
rasa dalam produk kami. Yang sering dipasarkan hanyalah original dan pedas,
tetapi kami disini mengeluarkan varian rasa baru, yaitu rasa balado dan juga
gurih.
3) Bahan
baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan keripik
mantang ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
b)
Weakness (Kelemahan)
1)
Kurangnya
Modal
Modal yang dibilang sangat terbataslah yang membuat kami kesulitan
dalam menciptakan varian rasa lainnya.
2) Belum
memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk
memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang sulit
diatasi.
3) Kurangnya
Tenaga Kerja
Dalam mengolah keripik dibutuhkan
lumayan banyak tenaga kerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Keterbatasan
tenaga kerja membuat kami tidak terlalu maksimal dalam mengolah usaha, terutama
dalam bagian produksi.
b. Faktor
Eksternal
a) Opportunities (Peluang)
1) Banyaknya
konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari
makanan ringan ini, baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas, karena harga
yang terjangkau dan rasa yang tidak kalah enak dengan jajanan yang berharga
mahal.
2) Sistem
pemasaran
Pemasaran yang kami lakukan dengan
cara yang mudah. Kami membuka stand dilokasi kampus yang sering dilewati
mahasiswa.
b) Threats (Ancaman)
salah
satu bentuk ancaman yang pasti akan kami hadapi adalah bersaing dengan
produk-produk lain yang menggunakan bahan baku lebih menarik.
Bahan
baku yang hanya dari Ubu Jalar, apalagi kami hanya memproduksinya menjadi
keripik. Ancaman yang paling besar adalah konsumen yang acuh terhadap kami,
karena produk yang kami tawarkan jadul dan kurang menarik. Kebanyakan dari
konsumen mereka lebih memilih produk makanan siap saji dengan kemasan lebih
menarik.
2.
Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat
dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat
tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena
kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.
Untuk itu, kami melakukan promosi di berbagai media social, seperti facebook,
Black Berry Massanger (BBM), instagram dll. Hal ini bertujuan itu juga bertujuan
untuk mempromosikan produk sampai keplosok negeri.
3.
Analisis 4P
1.
Product (produk)
Merk
produk :keripik “A.W.U”
Kualitas
produk :aman dikonsumsi tanpa
bahan pengawet
Packing :kemasan menggunakan
plastik yang mudah terurai
2.
Price (harga)
Untuk harga
awal, keripik ubi jalar merk “A.W.U” dijual langsung pada konsumen mulai dengan
harga @Rp.1000,-
3.
Promotion (promosi)
a.
Personal selling: pemasaran
ini kami lakukan dengan face to face, dimama disini kami akan menawarkan
langsung pada calon pembeli.
b.
Media sosial: disini kami
juga memasarkan produk kami melalui jaringan internet seperti facebook, black
berry mesagger (BBM) ,instagram dll.
4.
Place (tempat)
Tempat
kami berjualan adalah diwilayah kampus STAIN Metro.
B. TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
Target dan segmentasi pasar
sangatlah penting untuk melancara pemasaran produk dalam sebuah segmentasi
pasar haruslah memuat hal-hal penting diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Geografi
a. Wilayah yang
kami jadikan target adalah wilayah kota Metro karena bahan-bahan untuk
memproduksi produk kami sangat mudah didapat dikota ini.
b. Di kota
Metro ini kami banyak melihat peluang yang cukup besar terutama di daerah
simpang kampus yang mayoritas adalah mahasiswa yang gemar sekali mengkonsumsi
cemilan yang harganya terjangkau bagi para mahasiswa.
2. Demografi
Secara demografi, pasar yang kami
tuju adalah para kalangan mahasiswa, dosen, dan masyarakat disekitar simpang
kampus, kami membuka stan untuk mempermudah memperoleh informasi mengenai produk apa saja
kah yang banyak diminati konsumen.
C. STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran yang akan kami
lakukan adalah:
1. Perkenalan
usaha
Produk yang kami awarkan adalah
makanan ringan yang lezat, bergizi, dan dibandrol dengan harga yang terjangkau.
Produk yang kami tawarkan ini adalah keripik ubi jalar merk “A.W.U” yang
tersedia dengan varian rasa baru yaitu balado dan gurih, yang aman untuk
dikonsumsi karna tanpa pengawet.
2. Membangun
kemitraan dengan pengusaha lain untuk mendukung bisnis
Memproduksi keripik yang terbuat
dari bahan baku ubi jalar ini, kami berniat untuk menjalin kerja sama dengan
para petani ubi jalar langsung karena jika membeli ubi jlar dari petani
langsung harganya relatif lebih murah karnah tanpa perantara.
3. Meciptakan
desain yang menarik
Produk yang kami tawarkan berupa keripik
ubi yang di gabung dengan rasa balado dan rasa gurih sehingga rasa dari keripik
kami ini mempunyai rasa tersendiri yaitu perpaduan antara manisnya ubi jalar
asli dan pedas gurihnya dari perasa balad. Dan perasa gurih dijamin akan membuat konsumen menjadi
puas.
4. Meningakatkan
kualitas pelayanan
Kami menyediakan akun-akun khusus
untuk para konsumen kami untuk sekedar berbagi kritik dan saran atas produk
kami.
BAB
V
STRUKTUR
ORGANISASI
A. STRUKTUR
KEPENGURUSAN

Ø KLASIFIKASI ORGANISASI:
a.
Pemimpin :mengontrol
semua kegiatan yang dilakukan dalam setiap produksi, dan pemimpin juga dituntut
untuk mampu membaca laporan keuangan perusahaan dan dapat mengambil keputusan
yang tepat.
b.
Bagian
produksi :bagian produksi bertanggung jawab penuh terhadap jalannya proe produksi
dan menginovasikan apa yang akan dipasarkan.
c.
Bagian
marketing :bagian marketing bertugas untuk memasarkan produk dengan berbagai
keahliannya dalam bidang promosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar